Lawan Korupsi dari Diri Sendiri

Lawan Korupsi dari Diri Sendiri

Oleh :
Iin sofiyani (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)


Korupsi, kata yang tidak asing ditelinga kita. Setiap hari mata kita selalu melihat kata itu. Telinga kita sering kali mendengar kata itu baik dari TV maupun radio. Kata itu begitu populer di negeri ini, dari kalangan anak-anak sampai nenek-nenek pun tentunya mengetahui kata ini. Korupsi berasal dari bahasa latin corruptio dari kata kerja Corumpere yang memiliki arti busuk, rusak, menyogok, menggoyahkan, memutarbalik. Secara istilah korupsi adalah kebusukan, kebejatan, ketidak jujuran, dapat disuap, tidak bermoral, penyimpangan dari kesucian, kata-kata atau ucapan yang memfitnah. Dalam KBBI, korupsi adalah (1) penyelewengan atau penggelapan (uang negara atau perusahaan dsb) untuk keuntungan pribadi atau orang lain. (2) menyelewengkan ; menggelapkan (uang dsb).

Korupsi di negeri ini ibarat jamur di musim hujan, bahkan negara ini mendudduki peringkat keempat di kawasan Asia dan menduduki peringkat keenam di dunia.
Korupsi mulai mencuat sejak era reformasi bergulir. Satu persatu koruptor yang tersoroti publik muncul. Koruptor yang tersoroti media begitu banyaknya bagaimana dengan yang tidak tersoroti Media?
Sesuatu yang besar bermula dari yang kecil. Korupsi jadi budaya di negeri ini karena kita meremehkan hal-hal yang kecil. Korupsi massal terjadi setelah kita melakukan korupsi-korupsi yang sering kali di anggap biasa saja. Seringkali teman-teman mengatakan alah sitik gak popo (alah sedikit gakpapa). Padahal disnilah akar mula permasalhannya. Sadar dan tidak disadari setiap hari kita korupsi. Dalam kehidupan sehari hari misalnya kita disuruh ibu membeli gula, sisa uang Rp. 500,00 uang tersebut tidak dikembalkikan. Kalian sudah termasuk korpusi meski hanya uang sedikit. Itu hanya contoh kecil saja uang 500. Mungkin kita sering kali lebih dari itu. Meski itu uang orang tua kita jika sudah menjadi kebiasaan maka ketika sudah terjun ke lembaga atau yang lainnya kebiasaan itu akan selalu terbawa. Bagi mahasiswa sering kali kita mbolos kuliah kemudian kita TA (Titip Absen) itu juga korupsi, ujian mencontek itu juga korupsi karena sudah tidak jujur.
Sebenarnya ketika melihat dari pengertian korupsi begitu banyak korupsi yang telah kita lakukan. Coba carilah hal-hal yang dapat dikategorikan korupsi dengan menilik pengertian korupsi. Mulailah memberantas korupsi dari diri kita sendiri. Jika masing-masing individu berpegang teguh untuk memberantas korupsi yang ada di diri sendiri maka bukan tidak mungkin negeri ini menjadi bersih dari korupsi. Apa artinya tikus-tikus besar ditangkap akan tetapi tikus-tikus yang kecil dibiarkan begitu saja. LAWAN KORUPSI DARI DIRI KITA.
Tulisan ini hanya untuk menyadarkan bahwa kita tidak terlepas dari lingkaran korupsi jika kita mau memperhatikandan tidak apatis. Waspadalah apa yang kita lakukan akan dimintai pertanggungjawaban.

http://wawan-junaidi.blogspot.com/2010/11/pengertian-korupsi.html
http://www.warta-berita.co.cc/indonesia-duduki-peringkat-empat-negara-terkorup-di-asia/
http://www.immunk.com/post/peringkat+korupsi+indonesia+di+dunia+2011.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s