RPP Logaritma

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah             : SMK Muhammadiyah 1 Surakarta

Mata Pelajaran            : Matematika

Kelas / Semester          : X / 1

Alokasi Waktu            :  3 X 30 menit

Standar Kompetensi   : 1. Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi   bilangan riil dan bilangan kompleks

Kompetensi Dasar       :  1.4 Menerapkan konsep logaritma

Indikator                     :

  1. Menjelaskan konsep logaritma
  2. Menjelaskan sifat-sifat  logaritma
  3. Melakukan operasi logaritma dengan sifat-sifat logaritma

 

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menjalankna konsep logaritma

  1. Siswa dapat menjelaskan konsep logaritma
  2. Siswa dapat melakukan operasi logaritma dengan sifat-sifat logaritma

 

  1. A.    Materi Pembelajaran

1. Logaritma Biasa (Briggs)

Secara umum ditulis

a disebut bilangan pokok logaritma atau basis

b disebut yang dilogartimakan

c disebut hasil logaritma

a > 0, a ≠ 1, b > 0

2. Sifat-sifat logaritma

  1.  = n
  2.  =

Dengan a > 0, b > 0, p  1 dan p > 0

 

 

 

  1. C.    Metode Pembelajaran

Ceramah, Tanya Jawab, pemberian tugas dengan kerja individu

 

  1. D.    Langkah-langkah Pembelajaran :
TAHAPAN KEGIATAN GURU SISWA PENDIDIKAN KARAKTER WAKTU
KEGIATAN AWAL

–          Berdoa

 

 

–          Salam dan tegur sapa

 

 

–          Mengecek kehadiran siswa

 

–          Prolog / apersepsi

 

 

–          Guru bersama siswa berdoa bersama sama

 

–          Guru memberi salam

 

–          Guru mengabsen siswa

 

–          Guru mengarahkan persepi siswa

 

 

–           Iman dan taqwa

 

 

–          Santun dan peduli

 

 

–          Empati

 

 

–          Kreatif, percaya diri

 

 

5        menit

KEGIATAN INTI

–           Eksplorasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

–          Elaborasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

–          Konfirmasi

 

 

 

 

–          Guru menjelaskan sedikit tentang materi

 

–          Guru memberi contoh soal dan menjelaskan cara penyelesaian soal disertai sedikit Tanya jawab

 

–          Siswa dibagi dalam kelompok, setiap kelompok mendapat nomor

 

–          Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya

 

–          Kelompok mendiskusoikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompok dapat mengerjakannya

–          Guru memanggil salah satu nomor  siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasamanya

 

–          Tanggapan dari kelompok yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain

 

–          Jika ada siswa yang belum jelas,  guru membantu memecahkan masalah

–          Jika semua siswa tidak dapat mengerjakan soal guru memberikan sedikit langkah menyelesaikan soal tersebut

 

–          Rasa hormat, perhatian, menghargai

 

 

 

–          Disiplin, tanggung jawab, rasa ingin tahu, perhatian

 

 

 

 

 

 

–          Perhatian tertib, tanggung jawab

 

 

 

–          Tanggung jawab, displin

 

 

 

 

 

–          Kerjasama,  rasa ingin tahu, menghargai, toleransi

 

 

 

 

 

 

 

–          Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

 

–          Rasa ingin tahu, tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

–          Rasa ingin tahu

 

 

 

 

–          Tanggung jawab, rasa ingin tahu

 

10 menit

 

 

 

 

 

 

10 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

40 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

PENUTUP –          Siswa bersama guru membuat kesimpulan

–          Guru memberi tugas rumah

–          Tanggung jawab 10 menit

 

  1. E.              Alat dan Sumber Belajar
  • Sumber            : Buku Sekoah Elektronik (BSE) Matematika kelas X SMK karangan Toali
  • Alat                 : Papan tulis, spidol, penghapus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. F.                 Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Mengoperasikan bentuk logaritma dengan sifat-sifat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes tertulis Tes uraian 1.    Selesaikan soal dibawah ini :

a.

b.

c

d.

e.

 

  1. Bentuk sederhana dari :

a.  –

b.

c.

 

 

 

     Kunci jawaban

1.a .     =

= 3

= 1

  1. b.  =

=

= 3

=

3

= 3

d.

=

=

=

= -1

= -1

=

 

=

2.a. log 5

=

=

=

=

= 5

= 5

b.

=

=

= 3

= 3

c.

=

=

= 3

= 3

 

Ketentuan Penilaian :

Masing-masing point

  1. Siswa menjawab dengan cara yang benar dan jawaban benar skor maksimal 10
  2. Siswa menjawab dengan cara yang benar namun jawaban salah skor maksimal 7
  3. Siswa hanya menjawab dengan jawaban saja skor 3
  4. Siswa hanya menulis apa yang dikatahui dan yang ditanyakan skor 2

Nilai  Akhir   = Jumlah Skor : 8

= 80 : 8

= 10

 

 

 

 

Mengetahui,

Guru Pamong Matematika

(Erlina Farida, S.T.)

                NIP :

 

Surakarta, 20 Agustus 2011

Praktikan,

 

( Iin Sofiyani )

NIM : A.410080212

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s