Metode Pembelajaran Course Review Horay & Talking Stick

Langkah-langkah pembelajaran Course Review Horay adalah  sebagai berikut :

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi.
  3. Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya jawab.
  4. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa.
  5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (V) dan salah diisi tanda silang (X).
  6. Siswa yang sudah mendapat tanda V vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya.
  7. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh.
  8. Penutup.

Metode Talking Stick mendorong peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat karena Metode Talking Stick menggunakan sebuah tongkat sebagai alat penunjuk giliran. Siswa yang mendapat tongkat akan diberi pertanyaan dan harus menjawabnya. Kemudian secara estafet tongkat tersebut berpindah ke tangan siswa lainnya secara bergiliran. Demikian seterusnya sampai seluruh siswa mendapat tongkat dan  pertanyaan. Adapun langkah-langkah pembelajaran  metode Talking Stick adalah sebagai berikut:

  1. Guru menyiapkan sebuah tongkat.
  2. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/ paketnya.
  3. Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya guru mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya.
  4. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberi pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
  5. Guru memberikan kesimpulan.
  6. Evaluasi.
  7. Penutup

Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa metode Course Review Horay dan metode Talking Stick memberikan manfaat bagi siswa, diantaranya sebagai berikut:

  1. Mampu menciptakan suasana belajar aktif dan menyenangkan.
  2. Pembelajaran menarik mendorong untuk dapat terjun ke dalanya
  3. Melatih kerja sama
  4. Menguji kesiapan siswa.
  5. Melatih membaca dan memahami dengan cepat
  6. Agar lebih giat Belajar. (Belajar dahulu)

Disamping manfaat yang dirasakan oleh siswa  Metode Course Review Horay dan metode Talking Stick mempunyai sedikit kelemahan yaitu:

  1. Siswa aktif dan pasif nilainya disamakan,
  2. Adanya peluang untuk curang.
  3. Membuat siswa senam jantung

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Latifa Rachmawati mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam metode pembelajaran  Course Review Horay dalam mata pelajaran Matematika dilaporkan mampu meningkatkan hasil belajar  matematika siswa. Begitu pula dengan penelitian yang dilakukan oleh Filein Sofiawati Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam metode pembelajaran Talking Stick dalam mata pelajaran matematika di laporkan juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Course Review Horay  dengan Talking Stick  dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Pada pembelajaran metode Course Review Horay dan metode Talking Stick aktifitas belajar lebih banyak berpusat  pada  siswa.  Dalam  hal  ini  pada  proses  pembelajaran  guru  hanya bertindak sebagai penyampai informasi, fasilitator dan pembimbing. Maka dari itu penulis mencoba menerapkan dan membandingkan kedua model pembelajaran tersebut, karena kedua model ini memiliki persamaan yaitu menekankan pada keaktifan siswa tetapi berbeda dalam hal pelaksanaannya.

sumber :
http://www.dewinuryanti.com/2013/03/metode-talking-stick-dalam-pembelajaran-matematika.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s